24.3.14

Mengapa Smartphone Saya Jadi Lemot?

Ketika smartphone jadi sering ngelag dan jadi lemot tentu sangat merepotkan. Bahkan bisa bikin pusing kepala. Tentu, kejadian tersebut tidak perlu terjadi jika tahu sebabnya. Ada sejumlah kemungkinan yang bisa menyebabkan ponsel pintar ngelag dan lemot.

Banyak memasang aplikasi dapat membuat ponsel lemot. Boleh saja sih menginstall aneka aplikasi yang menarik hati. Namun, perlu diperhatikan juga kemampuan ponsel itu sendiri. Jika smartphone yang hanya dibekali penyimpanan internal dan kapasitas RAM yang pas-pasan tentu tidak membuat nyaman penggunanya ketika memasang banyak aplikasi.
penyebab smartphone lemot dan ngelag
Begitu juga sebaliknya, jika smartphone-nya termasuk kategori high-end dengan spesifikasi yahud sah-sah saja dan tak ada masalah ketika menginstall banyak aplikasi.

Selain spesifikasi smartphone, jenis aplikasi juga bisa menjadi penyebab ponsel menjadi lag dan lemot. Ketika menjalankan aplikasi yang otomatis terus berjalan misalnya WeChat, BBM atau Line tentu akan memakan banyak kapasitas RAM.

Hal lain yang mempengaruhi kapasitas penyimpanan adalah menyimpan banyak sms dan email di ponsel. Perlu diperhatikan bahwa, semakin banyak menjalankan aplikasi, semakin lambat jalannya aplikasi jika kapasitas RAM-nya tidak memadai.

Faktor penyebab lain ponsel pintar ngelag dan lemot adalah sistem operasi dan prosesor. Tentu saja, smartphone menggunakan single-core dengan quad-core akan menghasilkan kinerja yang berbeda ketika menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Begitu pula dengan  sistem operasi. Misalnya, untuk Android Jelly Bean cenderung lebih mulus jika dibandingkan dengan Android Ice Cream Sandwich. Ponsel pintar biasanya tidak akan berjalan dengan mulus jika terdapat bug atau cacat pada sistem operasinya.

Intinya, untuk mengetahui penyebab smartphone ngelag dan lemot perlu diketahui secara detail mengenai jenis dan spesifikasinya. Begitu juga dengan aplikasi yang dijalankan pada ponsel pintar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar