6.3.14

Cara Membersihkan File-File Sampah Pada Android

Ketika ada aplikasi Android baru muncul, kemudian ingin sekali mencobanya. Namun, setelah dicoba kok nggak cocok. Lalu di-unistall deh aplikasinya. Tapi, memorinya tak kembali seperti sebelum install aplikasi baru tadi. Aplikasinya sudah dihapus, masih saja ada file-file aplikasi yang nggak ikut terhapus. Kenapa ya?

Untuk menghapus sebuah aplikasi Android sebenarnya cukup mudah. Tinggal pencet tombol setting, cari menu Apps, lalu cari aplikasi yang akan di-uninstall. Setelah itu, klik dan pilih un-install.

Namun, cara tersebut tidak berlaku bagi semua aplikasi. Jadi, tergantung apa aplikasinya. Akibatnya, ini memungkinkan adanya folder di internal storage atau memori card yang tertinggal. Nah, folder-folder tersebut dapat dihapus secara manual melalui file explorer.
cara menghapus file sampah pada android

Aplikasi-aplikasi besar seperti peta atau game-game besar, pada umumnya pada folder-folder tertinggal, mempunyai sisa data dalam jjumlah besar. Agar lebih yakin, ketika mau meng-uninstall sebuah aplikasi Android sebaiknya pencet menu setting kemudian pilih Apps. Kemudian, pilih clear cache dan clear data terlebih dahulu sebelum memencet tab uninstall.

Biasanya, cara ini dapat membersihkan atau menghapus file-file sisa dari folder tersebut. Namun, bisa jadi masih ada folder yang belum kehapus dan dalam keadaan kosong.

Atau, bisa juga menggunakan aplikasi Cleaner yang bisa diunduh di Google Play Store untuk menunjukkan file-file sisanya kemudian menghapusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar